Hidup dengan PCOS

“Life is something that everyone should try at least once.” -Henry J. Tillman

Setahun Perjalanan Maret 2, 2009

Filed under: Curahan Hati — Ailayser @ 08:00

Tahun 2008 lalu, seorang temanku, Nda, divonis PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Ketika Nda bercerita mengenai gejala-gejala yang ia alami, saat itu aku terperanjat karena semua yang Nda sebutkan persis sama dengan apa yg terjadi padaku selama ini. Aku pun kemudian mencari informasi mengenai PCOS di internet, dan informasi yang didapat sungguh membuatku shock, karena aku tidak menyangka bahwa sindrom ini bukanlah sesuatu yang enteng.

PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) merupakan gangguan pada wanita akibat ketidakseimbangan hormonal. 1 dari 10 wanita di dunia menderita PCOS dan kebanyakan dari mereka tidak menyadarinya (tidak terdiagnosa). Gejala yang dialami diantaranya adalah berat badan meningkat (obesitas), kemandulan (infertil), jerawat, tumbuh bulu/rambut di tempat yang tidak diinginkan (muka, perut, kaki, dll), kerontokan rambut, haid tidak teratur, dll. Jika tidak ditanggulangi, PCOS dapat mengakibatkan diabetes, kanker indung telur, endometriosis, penyakit jantung dan darah tinggi. There is no cure, no magical pill, but the symptoms can be treated!

Akhirnya, tepat di bulan ini setahun yang lalu, kuputuskan untuk memeriksakan diri ke Obgyn. Ternyata benar, dokter menyatakan aku menderita PCOS, dan sindrom itulah yang menyebabkan aku sulit hamil selama ini. Ngomong-ngomong soal hamil, sebenarnya pada saat itu (usia pernikahan kami 9 bulan) aku dan suami tidak terlalu ngoyo untuk berusaha hamil. Malah tadinya kami berfikir untuk menunda kehamilan sampai kondisi keuangan kami stabil. Tetapi setelah mengetahui bahwa kemungkinan besar aku sulit hamil, maka aku pun mulai was-was dengan kenyataan ini. Untungnya sang dokter begitu informatif dan komunikatif. Beliau mengatakan bahwa sindrom ini memang tidak belum ada obatnya, namun aku tidak perlu khawatir karena harapan itu masih ada. Banyak wanita PCOS yang akhirnya berhasil hamil dan itulah yang terjadi pada Nda, yang pada akhir tahun lalu telah melahirkan seorang bayi lelaki. Selamat yah, Nda!

Suami saya bilang, “it’s not the end of the world! Jika kita berusaha dan Allah mengijinkan, kita pasti berhasil (dikaruniakan anak). Dan mengenai efek PCOS di kemudian hari pun tidak hanya terjadi pada penderita PCOS. Semuanya bisa terkena diabetes, jantung, dsb walaupun bukan penderita PCOS, apalagi pada jaman sekarang ini. It’s all about lifestyle! Change your lifestyle! Get a healthy one.”

Alhamdulillah suamiku begitu suportif, walaupun sampai saat ini pun kadang aku begitu bandel, tidak mau suka lupa minum obat. Ya, dokter memberikan resep Metformin HCL 3x500mg setiap hari selama 6 bulan. Terus terang, aku agak khawatir mengenai efek samping obat tersebut jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Disamping itu, dokter juga mengatakan bahwa obat tersebut menyebabkan ngantuk pada masa awal obat tersebut dikonsumsi. Pada kenyataannya, obat tersebut tidak hanya awalnya saja, tetapi setiap kali aku minum Metformin, rasanya kok aku ngantuk terus ;p

Selama setahun perjalanan, tentu ada kemajuan dan ada pula kemunduran. Alhamdulillah haidku sudah kembali normal (walau siklus haidku +/- 35 hari) sejak bulan Agustus 2008. Semenjak itu, aku selalu “kedatangan tamu” setiap bulannya. Padahal sebelumnya, haidku muncul 3-4 bulan sekali. Tetapi sayang, berat badanku justru malah bertambah. Tidak banyak, hanya 4 kilo dari tahun lalu. Namun berat badanku bertambah total 11 kilo sejak menikah 20 bulan yang lalu. Waduh, ternyata perjalananku masih panjang. Tetap semangat!!

 

One Response to “Setahun Perjalanan”

  1. fe Says:

    apakah dr.anda lgsung mberi resep metformin 3X perhari? apa tdk scr bertahap?. aku smpai 4 bln ini msh tetep 1X perhari.


Tinggalkan Balasan

